welcome to my blog guys

selamat datang di blog saya,selamat menikmati bacaan yaa :) wkwkwkwk kalo mau aslinya silahkan datang ke lombok

minuman khas yang menyegarkan dari lombok 


1. ES SARANG BURUNG

minuman menyegarkan khas Lombok
Es Sarang Burung. Sumber: okezone(dot)com
Mendengar namanya yang unik mungkin Kalian akan berpikiran bahwa minuman itu terbuat dari sarang burung. Namun minuman menyegarkan khas Lombok ini sebenarnya sama sekali tidak berkaitan dengan sarang burung dalam pembuatannya. Bahan-bahannya adalah bahan-bahan yang mudah Kalian dapatkan dimana saja, sehingga meski Kalian tidak berada di Lombok Kalian tetap dapat membuat minuman yang segar ini karena bahannya mudah didapat dimana saja Kalian berada.
Es sarang burung ini adalah minuman menyegarkan yang terdiri dari agar-agar, buah leci, sirup leci dan es batu atau es serut juga bisa. Agar-agar yang Kalian gunakan juga sebaiknya agar-agar putih, pada saat Kalian hendak menyusunnya ke dalam minuman ini maka agar-agar itu nantinya bisa Kalian parut atau jika sulit bisa dipotong secara memanjang hingga bentuknya menjadi seperti potongan kelapa muda.
Rasanya segar manis dan asam, sangat cocok untuk menyegarkan diri di hari yang panas. Di Lombok minuman yang segar ini juga cukup popular pada bulan puasa. Karena cara dan bahannya yang mudah maka Kalian tentu bisa membuatnya bukan?

2. TUAK MANIS

minuman menyegarkan khas Lombok
Tuak Manis. Sumber: lasterjonybedandbreakfast(dot)wordpress(dot)com
Minuman ini adalah minuman yang segar dan sangat khas dari Lombok. Minuman ini tidak bisa dibuat dengan mudah seperti es sarang burung yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebab untuk dapat menghasilkan minuman ini maka Kalian akan membutuhkan Pohon Enau yang akan dapat menghasilkan air tuak manis ini untuk dapat membuatnya.
Karena merupakan hasil alami dari pohon maka tentunya Kalian tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Pohon Enau paling banyak ditemukan di Lombok Barat, di sanalah yang juga merupakan daerah penghasil tuak manis terbesar. Tuak manis yang dihasilkan dari pohon enau ini bisa disadap setiap 3 hari sekali, warna putih kecoklatan dengan rasa manis segar.
Minuman yang satu ini merupakan minuman yang sangat alami maka minuman menyegarkan khas Lombok ini juga sangat menyehatkan bagi tubuh, dikatakan bahwa minuman yang segar ini bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk salah satunya kencing manis.

3. ES PALU BUTUNG

minuman menyegarkan khas Lombok
Es Palu Butung. Sumber: modern(dot)id
Es Palu Butung ini penampilannya mirip penampilan es pisang ijo, namun dalam pembuatannya pisang yang digunakan pada es palu butung ini tidak dilapisi dengan tepung. Untuk membuat es palu butung ini maka Kalian membutuhkan buah pisang raja, kemudian sirup merah rasa cocopandan, santan dan tepung beras.
Agar rasanya bisa lebih manis Kalian bisa menambahkan gula pasir dan agar aromanya bisa menjadi bertambah wangi maka Kalian bisa menambahkan daun pandan pada saat merebus santannya. Pada saat cuaca sedang panas maka akan sangat cocok untuk menyajikan minuman menyegarkan khas Lombok bernama es palu butung ini. Bisa dicoba di rumah.
Yuk siapkan minuman menyegarkan khas Lombok untuk berbuka puasa nanti di rumah bersama keluarga atau pilih terbang langsung ke Lombok untuk mencobanya langsung 🙂

Komentar